Harga Emas Penting Diketahui untuk Investasi

harga cincin emas

Harga Emas Penting Diketahui untuk Investasi

administrator No Comment
Investasi Emas

Di jaman yang sudah semakin mahal, menabung adalah cara yang cerdas untuk memenuhi kebutuhkan hidup. Kita tidak tahu apa yang akan tejadi didepan kita, berinvestasi dengan emas atau dollar adalah cara yang paling mudah. Namun melihat pergerakan dollar yang tidak menentu, lebih baik Anda berinvestasi dengan emas. Jika Anda tidak memiliki banyak uang, atau hanya ingin belajar berinvestasi, Anda dapat memulai berinvestasi dengan menggunakan cincin emas dengan berat  satu gram. Harga emas 1 gram hanya sekitar Rp 540.000,- tidak terlalu mahal untuk Anda yang ingin memulai belajar berinvestasi dengan emas.

harga emas

harga emas

Mengapa Harga Emas Per-Gram Bisa Turun?

Harga emas sedang dalam tekanan dalam beberapa bulan terakhir, karena beberapa investor bertaruh bahwa peningkatan suku bunga AS akan mendorong harga lebih rendah.  Sebelum Anda memulai untuk berinvestasi emas. Ada baiknya jika Anda mengetahui, apa saja faktor yang mempengaruhi turunnya harga emas. Jangan sampai ketika Anda ingin menjual cincin emas Anda, harga emas sedang turun dan Anda malah rugi.

1. Tingginya Nilai Tukar Dollar AS

Tingginya nilai tukar dollar AS terhadap mata uang dunia lainnya akan sangat berpengaruh terhadap harga tukar emas. perubahan kurs dollar AS ke Rupiah akan mendorong kenaikkan harga emas. Namun jika harga tukar dollar naik, orang akan lebih tertarik untuk berinvestasi dengan uang yang akan menghasilkan suku bunga.

Dari pada emas yang pergerakannya tidak cukup signifikan. Namun Anda tak perlu khawatir, harga emas akan cenderung terus menanjak setiap tahun. Memang tidak akan terlalu signifikan, namun emas akan sulit turun harganya, jika turunpun tidak akan terlalu drastis. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harga cincin emas 1 gram tidak akan terlalu ada perubahan yang signifikan.

2. Jumlah Permintan dan Penawaran Barang

Faktor supply dan demand ini sangat berpengaruh dengan harga emas 1 gram saat ini. Ketika permintaan emas meningkat maka harga emas akan semakin mahal. Namun jika permintaan emas menurun, harga emas akan menurun pula. Hal ini dapat Anda manfaatkan, Anda dapat membeli emas ketika orang banyak jarang membeli emas. contohnya ketika lebaran, orang akan banyak membeli emas. Maka, sebaiknya uang yang Anda punya dapat Anda simpan dulu. Tunggu hingga suasana terkendali baru Anda dapat membeli emas.

3. Situasi Ekonomi dan Politik Dunia

Saat sedang terjadi krisis ekonomi disuatu negara, bahkan di negara-negara besar di dunia. Akan banyak orang yang memilih berinvestasi dengan emas dibanding dengan uang. Pasalnya harga tukar uang sedang jatuh. Begitu juga dengan keadaan politik dunia, pasti akan berdampak langsung dengan keadaan perekonomian di suatu negara.  Jadi akan banyak orang lebih memilih emas, yang laju pergerakannya cenderung stabil daripada uang.

Meskipun ada sebab yang kuat mengapa emas bisa turun dan naik, Anda tidak usah khawatir jika ingin memulia berinvestasi. Seperti yang dikatakan diatas. Harga emas akan cenderung stabil, tidak akan terlalu rugi dan tidak juga terlalu untung. Jika Anda ingin berinvestasi dan mencari keuntungan, Anda dapat berinvestasi emas dengan jumlah yang banyak dan dengan waktu yang lama, tiga tahun misalnya. Dengan waktu dan jumlah yang banyak tentunya keuntungan akan terlihat secara signifikan.

Save

Save

Leave a Reply